Senin, 21 November 2016

REVIEW

PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE PADA SUB POKOK BAHASAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP
BERDASARKAN HASIL REVIEW DARI
MICHAEL BUNJAMIN TODDY



NPM : 16114626
KELAS : 3 KA 22

1. Bidang yang di kembangkan
            Dalam judul jurnal tersebut dan ABSTRAK yang saya baca , bisa dikatakan bahwa jurnal ini dibuat berdasarkan pendidikan. Ditunjukkan oleh adanya observasi terhadap siswa dalam bidang pembelajaran. Dan dibuatnya Jurnal ini juga untuk membuktikan dan pembuktian akan diimplementasikan metode Learning Cycle dan dampak yang diberi kepada murid murid tersebut.
2.Problem atau masalah
            Dalam jurnal ini problem atau masalah yang ditemukan terkait dengan pembelajaran siswa yang menghasilkan pencapaian atau hasil belajar siswa itu rendah.
3.Solusi di dalam jurnal ini
            Solusi untuk masalah tersebut di coba dengan menggunakan metode learning cycle.
4.Evaluasi
            Learning cycle mempunyai 4 siklus yaitu fase engagement(membuat curious), exploration(membagi kelompok dan anak mencoba hingga menemukan masalah), explanation(guru sebagai pengarah bagi siswa), elaboration(siswa menerapkan konsep dan keterampilan yang telah dipelajari dalam situasi baru atau konteks yang berbeda)., dan evaluation(mengajukan petanyaan terbuka dan mencari jawaban dengan menggunakan observasi, bukti dan penjelasan yang diperoleh sebelumnya.
5. Kontribusi
            Dengan metode Learning Cycle untuk
1.      Pendidikan
2.      Siswa
3.      Guru
4.      Generasi Bangsa
6. Critical Thinking
            GOOD
1.      Membuat siswa mandiri
2.      Guru merasa senang melihat siswanya aktif
3.      Secara tidak sadar siswa meningkatkan kompetensi dan keaktifan
4.      Berjangka waktu lama jika menjadi sebuah kebiasaan bagi siswa
5.      Kepercayaan siswa terhadap guru sebagai pembimbing bertambah
6.      Pembelajaran tidak membosankan bagi siswa (walaupun tergantung individu)
BAD
1.      Peran Guru sangat berat
2.      Dibutuhkan kreatifitas dan alat-alat yang variasi
3.      Diperlukan kegiatan yang bervariasi
4.      Diperlukan adanya kemistri antar guru dan siswa
5.      Karena setiap siswa memiliki sifat berbeda diperlukan adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda